SeLamaT datanG

SeLaMaT DaTang.....!!
saran & komentarnya sangat dibutuhkan demi perkembangan BLog ini...

Kamis, 06 September 2012

.Prinsip Prinsip Etik Keperawatan (veracity)


Tugas Makalah

Prinsip Prinsip Etik Keperawatan
(veracity)
 









OLEH
KELOMPOK IV
                             MINANTON                    (2109043)
                             BASMAWATI                 (2109030)
                             PANDI                            (2109027)
                             YOELFRIDA M.             (2109055)
                             ROBERTUS S.G.           (2109031)
                             MUSLIYA N.L.                (2109047)
                             LASULU                         (2109022)


SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN
GEMA INSAN AKADEMIK
MAKASSAR
2011









A. Pendahuluan
          Dlm praktik keperawatan banyak menimbulkan konflik antara kebutuhan klien dg harapan perawat dan falsafah perawatan. Masalah etika keperawatan pada dasarnya masalah etika kesehatan dl kaitan ini dikenal istilah etika biomedis atau bioetis.
          Bioetis mengandung arti ilmu yg mempelajari masalah yang timbul akibat kemajuan ilmu pengetahuan, terutama di bidang biologi dan kedokteran.
          Masalah bioetis tersebut berkata jujur, AIDS, abortus, menghentikan pengobatan, cairan dan makanan, eutanasia, transplantasi organ, dll. Dan dalam kesempatan ini kami akan membahas berkata jujur dalam konsep kejujuran (veracity).
B. Pembahasan
          Prinsip veracity berarti penuh dengan kebenaran. Nilai ini diperlukan oleh pemberi pelayanan kesehatan untuk menyampaikan kebenaran pada setiap klien dan untuk meyakinkan bahwa klien sangat mengerti. Prinsip veracity berhubungan dengan kemampuan seseorang untuk mengatakan kebenaran. Informasi harus ada agar menjadi akurat, komprensensif, dan objektif untuk memfasilitasi pemahaman dan penerimaan materi yang ada, dan mengatakan yang sebenarnya kepada klien tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan keadaan dirinya selama menjalani perawatan.
          Walaupun demikian, terdapat beberapa argument mengatakan adanya batasan untuk kejujuran seperti jika kebenaran akan kesalahan prognosis klien untuk pemulihan atau adanya hubungan paternalistik bahwa ”doctors knows best” sebab individu memiliki otonomi, mereka memiliki hak untuk mendapatkan informasi penuh tentang kondisinya. Kebenaran merupakan dasar dalam membangun hubungan saling percaya.
Berkata jujur
          Dalam konteks berkata jujur ada suatu istilah yg disebut desepsi, berasal dari kata decieve yang berarti membuat orang percaya terhadap suatu hal yang tidak benar, meniru, atau membohongi.
          Desepsi meliputi berkata bohong mengingkari atau menolak, tidak memberikan informasi dan memberikan jawaban tidak sesuai dengan pertanyaan atau tidak memberikan penjelasan sewaktu informasi dibutuhkan
          Tindakan desepsi secara etik tidak dibenarkan. Konsep kejujuran merupakan prinsip etis yg mendasari berkata jujur.
          Berkata jujur bersifat prima facia (tidak mutlak) sehingga desepsi pada keadaan tertentu diperbolehkan.
          Menurut Free, alasan yang mendukung tindakan desepsi termasuk berkata bohong, mencakup bahwa klien tidak mungkin dapat menerima kenyataan.
          Mis, klien menghendaki u/ tidak diberi tahu bila hal tsb menyakitkan.
                  
          Perawat profesional mempunyai kewajiban tidak melakukan hal yg merugikan klien dan desepsi mungkin mempunyai manfaat untuk meningkatkan kerjasama klien (McCloskey, 1990).





C. Kesimpulan
Prinsip veracity berarti penuh dengan kebenaran.dalam konsep veracity kita mengenal desepsi dan terkadang dibenarkan dalam situasi tertentu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar