PROPOSAL TERAPI AKTIVITAS KELOMPOK STIMULASI PERSEPSI(MENGGAMBAR)
A. Topik
Terapi aktivitas kelompok pasien dengan harga diri rendah
B. Tujuan
1. Tujuan umum
a) Tujuan umumnya adalah Klien dapat menyebutkan jati diri dihadapan klien lain dan mendiskusikan tentang gambar
b) Tujuan khusus
Tujuan khusus terapi aktivitas kelompok pasien dengan harga diri rendah ini adalah:
a. Pasien mampu memperkenalkan nama lengkap dan nama panggilannya
b. Pasien mampu menggambar serta dapat menjelaskan makna isi gambarnya
C. Landasan teori
Terapi aktivitas kelompok pasien dengan harga diri rendah adalah upaya untuk menggali dan meningkatkan aspek-aspek yang ada dalam diri demi meningkatkan harga diri pasien .
Pasien dengan Harga diri rendah mengalami perasaan dimana dia menganggap bahwa dirinya tidak berarti buat dirinya dan orang lain. Hal ini dapat mengakibatkan pasien menarik diri atau pun melakukan perilaku kekerasan. Untuk menanggulanginya, maka perlu ada aktivitas yang memberi stimulasi secara konsisten kepada pasien tentang persepsi tentang dirinya.
A. Pasien
Karakteristik/kriteria
Karakteristik pasien yanga akan mengikuti terapi aktivitas kelompok stimulasi persepsi adalah pasien yang mengalami harga diri rendah dan menarik diri.
B. Pengorganisasian
1. Waktu
Kegiatan terapi aktivitas kelompok pasien dengan harga diri rendah akan dilaksanakan pada:
Hari : rabu,23 mei 2012
Jam : 14.00
Durasi : 45 menit
2. Tim terapis
Adapun tim terapis yang akan terlibat meliputi; leader, co-leader, fasilitator, observer.
a. Leader. MINANTON,Tugas:
- Menyusun rencana TAK
- Mengarahkan kelompok mencapai tujuan
- Memfasiliatsi anggota untuk mengekspresikan perasaan dapat dan memberi umpan balik
- Sebagai role model
- Menjelaskan proses kegiatan
- Mendemonstrasikan menggambar
b. Co-leader. Vinsensia ingi koban,Tugas:
ü Membantu leader secara umum
ü membantu leader dalam menjelaskan aturan main kegiatan serta dalam mendemostrasikan menggambar serta penjelasannya
ü memutar musik
c. Fasilitator(Muliati,yuliana,hermawati,Muslimin H R)
. Tugas:
- Membantu leader memfasilitasi anggota untuk berperan aktif dan memotivasi
- Mempertahankan kehadiran anggota
d. Observer. ASRIANI, Tugas:
ü Mengobservasi respon pasien
ü Mengamati dan mencatat semua proses yang terjadi dan semua perubahan perilaku pasien (jumlah anggota yang hadir, yang terlambat, daftar hadir, yang memberi ide, dan pendapat, topic diskusi, respon verbal dan non verbal)
ü Memberi umpan balik pada kelompok
Semua tim terapis adalah memenuhi persyaratan, diantaranya:
a. Memiliki pengalaman mengikuti TAK
b. Memiliki pengetahuan tentang masalah pasien
c. Mengetahui metode yang tepat untuk TAK
d. Terampil berperan sebagai pemimpin
3. Pasien
1.yohana ingi koban
2.muslia
3.elizabet
4. Metode dan media
a. Metode
Adapun metode yang digunakan pada terapi aktivitas ini adalah dinamika kelompok dan diskusi atau Tanya jawab.
b. Media
Media yang akan digunakan meliputi:
- Papan nama sejumlah pasien dan perawat yang ikut TAK
- Spidol & papan tulis
- Kertas HVS
- Polpen atau pensil
- Hape(pemutar musik)
5. Skema Ruang Terapi :
|
: Leader (pemimpin) : Observer
|
: Fasilitator : Klien
|
: Co leader
: Papan tulis
C. Langkah-langkah/prosedur
1. Persiapan
a. Membuat kontrak dengan pasien yang sesuai indikasi
b. Mempersiapkan alat dan tempat (peserta duduk melingkar dalam suasana ruang yang tenang dan nyaman)
2. Orientasi
a. Salam terapeutik :
Mengucapkan salam terapeutik
b. Evaluasi/validasi
Menanyakan perasaan pasien hari ini
c. Kontrak
Menjelaskan tujuan kegiatan
Menjelaskan aturan main:
o Pasien harus mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir
o Bila ingin keluar dari kelompok harus meminta izin dari terapis
o Lama kegiatan 45 menit
3. Kerja
a. Menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan yaitu menggambar dan cerita hasil gambar kepada pasien lain.
b. Membagikan kertas dan pensil/pen, satu pasang untuk setiap pasien
c. Meminta pasien untuk menggambar apa saja sesuai keinginan hatinya
d. Sementara pasien mulai menggambar, terapis memberi penguatan kepada pasien untuk meneruskan menggambar jangan mencela pasien
e. Setelah semua selesai menggambar, terapis meminta masing-masing pasien untuk menceritakan gambar apa dan makna gambar yang dibuat
f. Kegiatan E dilakukan sampai semua pasien dengan menggunakan pemutar musik untuk mendapatkan giliran
g. Terapis memberikan pujian, setiap kali pasien selesai menceritakan perasaannya.
4. Terminasi
a. Evaluasi/validasi
Menanyakan perasaan pasien setelah mengikuti TAK
Memberi pujian atas pencapaian kelompok
b. Rencana tindakan
Menganjurkan agar pasien untuk mengekspresikan perasaan melalui gambar
c. Kontrak yang akan datang
Membuat kontrak kembali untuk TAK berikutnya
D. Evaluasi dan Dokumentasi
a. Kompetensi verbal
No | Aspek yang dinilai | Nama peserta TAK | ||||||
1 | Mampu memperkenalkan nama lengkap | |||||||
2 | Mampu nama panggilan | |||||||
3 | Mampu menyebutkan asal/tempat tinggal | |||||||
b. Kompetensi non-verbal
No | Aspek yang dinilai | Nama peserta TAK | ||||||
1 | Mengikuti kegiatan TAK dari awal sampai akhir | |||||||
2 | Menggambar sampai selesai | |||||||
3 | Menceritakan gambar | |||||||
4 | Menjelaskan makna gambar | |||||||
Add caption |
Catatan: Jika mengikuti setiap aspek beri nilai 1 or beri tanda checklist dan jika tidak melakukan aspek
yang dinilai maka beri nilai 0 atau tanda silang.
Komentar
Posting Komentar